Sabtu, 06 Desember 2008

Bersama Membangun Keyakinan


Hari Rabu, 3 Desember 2008, Simpatisan HH31 menghadiri acara "Debat Publik" bedah Visi Misi Calon DPD Banten, yang diselenggarakan BEM Mahasiswa Universitas Tirtayasa. Acara tersebut menghadirkan 5 calon, termasuk H. Humaedi Hasan. Merupakan sebuah kebanggaan Humaedi Hasan masuk salah satu dari empat (4) calon yang terjaring dalam polling pengenalan mahasiswa terhadap calon-calon DPD. Padahal calon DPD propinsi Banten berjumlah 69 orang.
Ada sesuatu yang berbeda dalam acara ini. Ketika para calon 'sibuk' menjual diri dengan segudang prestasi dan janji, serta tingkat kepercayaan diri (PD) yang tinggi akan kelayakan dirinya menjadi calon DPD. Maka Humaedi Hasan, ketika tiba gilirannya bercerita tentang dirinya yang sampai hari ini belum bisa meyakinkan anaknya sebagai seorang ayah yang hebat dan patut dibanggakan. Menurut Humaedi Hasan tidak penting mengungkapkan apalagi membeberkan berbagai hal yang sudah dan akan dilakukan. Adik-adik mahasiswa pasti juga seperti anak saya. Yang harus saya katakan, bahwa saya bersyukur dan bangga menjadi orang Banten.
Simpatisan HH31 agak geregetan, melihat sang tokoh tidak mau memanfaatkan momentum untuk 'mendagangkan diri'. Ketika hal tersebut diungkapkan kepada HH, beliau menjawab:"Biarkan mahsiswa meyakinkan dirinya sendiri dan membaca apa yang ada di sekitarnya."

Wonderfull!!! Mahasiswa adalah masa depan. Mahasiswa adalah mata hati rakyat/masyarakatnya. Saat para tokoh 'teriak-teriak' tentang apa yang sudah dilakukannya, mahasiswa akan mendengar, melihat dan membaca.

Strategi komunikasi yang sangat bagus, terbukti keesokan harinya koran-koran lokal menyoroti gaya HH 'yang tidak biasa'.
Padahal yang biasa, setiap kandidat--kandidat apapun baik itu caleg ataupun DPD, tak peduli di manapun, pura-pura tak tahu diri, memanfaatkan situasi untuk kampanye langsung, dari mulai mengaku pendiri dan tokoh Banten, sampai pada bagi-bagi stiker dan foto berbagai pose dengan tokoh nasional bahkan dengan petinggi negara.
Ini juga terjadi pada acara tersebut. Padahah sudah diingatkan jauh-jauh hari oleh panitia, bahwa acara ini bukan 'ajang kampanye'. Kegiatan ini murni untuk memberikan parameter perkenalan kepada mahasiswa tentang calon-calon yang akan menjadi wakil Banten.
Humaedi Hasan sudah pada tempatnya, hanya memperkenalkan diri dan bercerita tentang dirinya. Biarkan siapa saja meyakinkan dirinya sendiri tentang apa yang akan dilakukan termasuk yang akan dipilih untuk mewakilinya.

Tidak ada komentar:

Site Meter